Selamat datang di objek wisata Sekumpul

Mushalla Ar-Raudhah cukup mudah dicari dan ditempuh oleh masyarakat, baik untuk menuntut ilmu (saat guru Sekumpul masih hidup) ataupun yang bermaksud berziarah ke kubah beliau. Di dalam komplek Ar-Raudhah Sekumpul ini, selain bangunan Mushalla Ar-Raudhah dan rumah kediaman keluarga Guru Sekumpul, terdapat pula bangunan kubah (yang dikenal dengan sebutan Kubah Sekumpul), di mana di dalamnya dimakamkan Guru Sekumpul, ibu, paman dan guru beliau.

Tentang Objek Wisata

Sekumpul


Makam KH. Zaini Abdul Ghani atau Guru Ijai di dekat Mushalla Ar-Raudah, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura Kota, tak pernah sepi dari para peziarah. Semenjak dikebumikan Agustus 2005 lalu, makam Guru Sekumpul selalu ramai. Ratusan peziarah silih berganti membaca surah Yasin di depan makam ulama kharismatik tersebut.

Pamor KH. Zaini Abdul Ghani memang luar biasa. Semasa hidup, pengajian rutin beliau selalu dipadati jamaah. Bukan hanya seputar Kalimantan, bahkan dari pulau jawa, bahkan Malaysia dan Brunei Darussalam. Namanya terkenal luas, baik di kalangan pejabat, politisi, pengusaha, militer, maupun seniman. Gus Dur, Megawati Soekarno Putri, Amien Rais, hingga Aa Gym pernah berkunjung ke kediaman zuriat Datuk Kalampayan ini.

mengingat banyaknya jamaah beliau yang tersebar di mana-mana, sampai kini makam Guru Ijai menjadi tempat tujuan wisata religius yang sangat diminati. Terlebih-lebih pada peringatan haul beliau yang setiap tahun selalu dilaksanakan, ratusan ribu orang berjubel memadati Komplek Sekumpul. 


Fasilitas

Sekumpul


Penginapan

Warga sekitar dengan senang hati menyediakan kamar untuk bermalam para penziarah yang datang dari tempat yang jauh. Bahkan, pada event tahunan haul KH. Zaini Ghani (Guru Sekumpul), mereka akan berlomba-lomba memberi akomodasi gratis bagi para tamu.


Rumah Makan

Bertempat dekat dengan pusat kota Martapura, memberikan pilihan yang sangat beragam bagi para pengunjung yang ingin mencoba kuliner di sela aktifitas ziarah di kabupaten Banjar. Mulai dari kuliner modern, hingga khas kalsel tersedia disini.


Kamar Mandi dan WC

Di kawasan ziarah Sekumpul terdapat kamar mandi dan WC umum yang biasanya terdapat di sekitar surau-surau atau masjid


Jasa Pemandu

Para penyedia transportasi massa seperti ojek dan taksi sangat mengetahui lokasi-lokasi ziarah di kabupaten Banjar terlebih area Sekumpul, mereka dapat memandu Anda menuju lokasi ini. Selain itu, di makam (yang sering disebut kubah oleh warga) juga ada juru kunci yang akan menjelaskan pada Anda aspek sejarah dari tokoh-tokoh yang dimakamkan disana.


Pos Keamanan

Jangan khawatir dengan keamanan diri maupun kendaraan Anda, tempat ziarah Sekumpul dijaga dengan baik oleh pengurus dan warga sekitar


Papan keterangan objek wisata

Terdapat papan keterangan yang baik sehingga komplek ziarah Sekumpul mudah dikenali


Fasilitas Kesehatan

Terletak di area perkotaan, akan mudah mendapatkan akses layanan kesehatan jika diperlukan


Tempat ibadah

Tempat ibadah bagi muslim tersedia berupa surau atau masjid


Panorama di Sekumpul


Temukan keindahan

Video Sekumpul


Ulama kharismatik KH. Zaini Abdul Ghani atau biasa dipanggil Abah Guru Sekumpul yang semasa hidupnya banyak memberikan sumbangsih bagi dunia Islam di Indonesia, sepeninggal beliau, makamnya selalu ramai dikunjungi penziarah