Selamat datang di objek wisata Bincau

Desa Bincau Bincau adalah nama salah satu desa yang ada di Kota Martapura yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Penduduk Desa Bincau banyak yang berprofesi sebagai pemilik tambak. Selain membuat tambak ikan, penduduk disini juga menjadikan tambaknya sebagai tempat pemancingan dan tempat rekreasi.

Tentang Objek Wisata

Bincau


Sebagian besar yang datang untuk memancing di Desa Bincau melakukannya karena hobi. Mereka datang kesini untuk merasakan sensasi ketika kail pancingan mereka yang diberi umpan ditarik oleh ikan. Karena sebenarnya tidak perlu memancing untuk memperoleh ikan di Bincau. Anda bisa membeli ikan langsung dari para pemilik tambak, tanpa perlu lagi memancing. Kecuali jika memang mempunyai hobi memancing, maka rasanya kurang lengkap memperoleh ikan tanpa melalui pancingan.

Karena itulah para pemilik tambak juga turut memfungsikan tambak mereka sebagai tempat pemancingan. Untuk mengakomodasi hobi memancing para pengunjung di Desa Bincau. Selain sebagai tempat pemancingan, pemilik tambak di Desa Bincau juga ada yang memanfaatkan tambak mereka sebagai tempat rekreasi air. Dengan menyediakan sepeda air yang bisa disewa oleh pengunjung yang datang untuk berkeliling tambak mereka.

Desa Bincau juga terkenal sebagai tempat tujuan untuk berwisata kuliner di Kalimantan Selatan. Ada puluhan rumah makan yang ada di desa ini. Rumah makan yang ada di Desa Bincau sebagian besar berupa lesehan di tepi tambak. Meskipun berada di desa, namun rumah makan ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Pengunjung akan bisa menemui pemilik rumah makan menyediakan tempat shalat, tempat bermain anak, kolam renang anak, kamar ganti, dan juga toilet.

Sehingga mereka yang datang kesini untuk menikmati makanan di rumah makan bisa merasa lebih nyaman. Sebagian besar menu makanan yang disajikan di rumah makan yang ada di Desa Bincau, bahan bakunya berasal dari tambak. Itu artinya anda akan memperoleh berbagai sajian hidangan ikan air tawar. Itu menjadikan hidangan masakan ikan yang disajikan oleh para pemilik rumah makan masih dalam keadaan segar.

Karena ketika diambil dari tambak, ikannya masih dalam keadaan hidup. Bukannya ikan beku yang dibawa dari tempat yang jauh. Menu ikan yang disajikan di restoran ini dijual per kilogram. Artinya ikan akan diambil dari tambak dan dihitung beratnya untuk kemudian dimasak sesuai pesanan dari pengunjung. Tergantung selera, hidangan ikan disini bisa dibakar atau bisa juga di goreng.

Jika menyukai pepes ikan, maka pemilik rumah makan bisa juga membuatkannya untuk anda. Biasanya hidangan makanan berupa ikan ini disajikan berasama dengan urap, keladi, atau sayur manis. Berbagai jenis minuman juga bisa diperoleh dari rumah makan. Puluhan rumah makan yang ada di Desa Bincau selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya. Apalagi bila telah datang liburan sekolah.

Pengunjung di Desa Bincau bisa meningkat dengan drastik, sehingga meskipun satu rumah makan bisa mempunyai sekitar 100 bilik lesehan, maka pada hari libur semua bilik ini bisa terisi penuh. Pada hari biasa saja pemilik rumah makan bisa memasak ikan sebanyak 200 hingga 300 kilogram. Sementara pada hari libur pesanan masakan berbahan baku ikan bisa meningkat menjadi 500 kilogram hanya dari satu rumah makan saja.

Tapi tambak yang ada di Desa Bincau masih sanggup untuk memenuhi permintaan pengunjung yang sengaja datang ke Bincau untuk menikmati hidangan makanan yang berbahan baku ikan. Keramaian di rumah makan yang ada di Desa Bincau bisa terlihat dari banyaknya kendaraan seperti motor dan mobil yang parkir tidak jauh dari rumah makan. Keramaian ini semakin menjadi pada saat liburan sehingga tepi jalan di Desa Bincau dipenuhi oleh kendaraan yang parkir.

Pengunjung yang datang ke Bincau, sebagian besar berasal dari kota-kota yang ada di Kalimantan Selatan. Namun ada yang juga datang dari daerah lain seperti dari kota-kota yang ada di Kalimantan Tengah dan juga Timur. Mereka sengaja datang jauh-jauh ke desa bincau bersama keluarga mereka untuk menghabiskan liburan dengan menikmati hidangan makanan. Ada juga yang datang bersama rekan kerja mereka ke rumah makan di Bincau.

Selain hidangan makanannya yang enak, suasana alam Pedesaan Bincau bisa menjadi daya tarik sendiri. Tidak jauh dari tambak terdapat sawah milik penduduk setempat. Bila pengunjung datang sebelum musim panen, maka suasana di sekitar rumah makan menjadi hijau oleh padi yang belum lama ditanam. Sementara bila pengunjung datang dimasa menjelang panen, maka suasana latar belakang rumah makan berubah menjadi kecoklatan karena padinya sudah matang.


Fasilitas

Bincau


Rumah Makan

Setiap pemancingan juga termasuk fasilitas rumah makan dimana sebagian besar makanan yang tersedia adalah hasil dari tambak


Arena Bermain

Sebagian pengelola tambak melengkapi tempat mereka dengan wahana bermain agar anak Anda tidak bosan jika Anda memancing dalam waktu lama


Kamar Mandi dan WC

Mayoritas rumah makan juga menyediakan kamar mandi dan toilet untuk pengunjung


Pos Keamanan

Sebuah pos keamanan memberikan rasa aman dan bantuan saat Anda memerlukannya


Papan keterangan objek wisata

Papan keterangan tempat yang jelas memudahkan Anda yang akan menuju pemancingan Bincau


Tempat ibadah

Sebagian besar pemancingan dilengkapi musholla kecil yang diperuntukkan bagi yang Muslim


Tempat Parkir

Tempat parkir yang luas, cukup untuk mobil dan sepeda motor, walaupun sering penuh di hari libur


Panorama di Bincau


Temukan keindahan

Video Bincau


Pemancingan Bincau menyediakan kawasan yang luas untuk memancing bersama kolega atau keluarga, dilengkapi dengan tempat memancing yang nyaman dan teduh, serta adanya area bermain untuk anak sehingga anak-anak betah berlama-lama di pemancingan ini