Selamat datang di objek wisata Pusat Perbelanjaan Cahaya Bumi Selamat

Taman Cahaya Bumi Selamat, sering disebut Taman CBS terletak di Kota Martapura, Kalimantan Selatan, tepatnya di Jalan Ahmad Yani Km. 39. Bagi Anda kolektor batu-batu mulia, di sini ada tempat khusus untuk berbelanja berbagai oleh-oleh atau kerajinan berbahan intan dan akik.

Tentang Objek Wisata

PusatPerbelanjaanCahayaBumiSelamat


Komplek Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) terletak di Jalan Ahmad Yani, Martapura, Kabupaten Banjar. Lokasinya mudah dicari karena terletak di pinggir jalan raya. Tempat ini kerap dijadikan destinasi berbelanja oleh-oleh khas Kalimantan Selatan oleh para selebriti tanah air yang sedang berkunjung kemari.

Di sini, berbagai jenis bebatuan mulia tersedia, bukan hanya intan, namun ada juga akik, kecubung, safir, rubi, dan sebagainya. Jika batu akik baru naik daun di Indonesia saat ini, sejak dulu di sini akik sudah terkenal, walaupun kota ini lebih dikenal sebagai daerah penghasil intan terbesar di Indonesia.

Berbagai jenis dan warna serta motif akik banyak dijumpai di sini. Ada yang masih mentah yaitu berupa bongkahan kasar, ada juga yang sudah masak alias sudah digosok dan dipasangkan ke tempatnya yang oleh pedagang setempat disebut amban.

Harga yang ditawarkan penjualnya beragam, tergantung ukuran dan tingkat kebeningannya. Di tempat ini, souvenir dari batu mulia tak hanya berupa bongkahan atau batu yang sudah digosok yang dijual, namun banyak juga yang sudah berupa perhiasan siap pakai seperti gelang, kalung, anting, cincin, dan bros.

Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari yang murah sekitar Rp 10 ribu hingga jutaan rupiah. Wisatawan dari luar Kalimantan Selatan biasanya menjadikan CBS sebagai destinasi wisata untuk berbelanja oleh-oleh. Sebab, di sini tak hanya menjual berbagai jenis batu mulia, namun juga kerajinan tangan lainnya seperti tasbih, tas berbahan manik-manik khas suku Dayak, dan baju tradisional Dayak.

Menuju ke tempat ini sangat mudah karena lokasinya di pinggir jalan raya. Jika hendak kemari bisa menggunakan kendaraan pribadi. Bisa juga memakai transportasi umum seperti becak, bajaj dan angkutan kota jurusan Banjarbaru-Martapura. Khusus angkutan kota jika Anda dari Banjarbaru tarifnya Rp 5.000 per orang. Jika dari Landasan Ulin (masih di daerah Banjarbaru juga) karena lebih jauh tarifnya Rp 8.000 per orang. Jika Anda dari Banjarmasin ingin tarif murah bisa memakai jasa angkutan umum taksi mobil Colt L300 dari Terminal Induk Kilometer 6 di Jalan A Yani Km 6, Banjarmasin.

Anda dapat memilih jurusan ke Martapura dan minta diturunkan di CBS. Tarifnya hanya Rp 15.000 per orang.


Fasilitas

PusatPerbelanjaanCahayaBumiSelamat


Penginapan


Rumah Makan


Kamar Mandi dan WC


Jasa Pemandu


Pos Keamanan


Papan keterangan objek wisata


Fasilitas Kesehatan


Tempat ibadah


Tempat Parkir


Panorama di Pusat Perbelanjaan Cahaya Bumi Selamat


Temukan keindahan

Video Pusat Perbelanjaan Cahaya Bumi Selamat


Pertokoan permata terbesar di Indonesia