Selamat datang di objek wisata Lok Baintan

Pasar Terapung merupakan warisan budaya masyarakat Banjar yang konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak zaman Kesultanan Banjar. Salah satu pasar terapung yang masih bertahan hingga sekarang adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Lok Baintan telah dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Nasional oleh Pemerintah Pusat Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tentang Objek Wisata

LokBaintan


Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Sejak lama, sungai menjadi jalur utama dalam berbagai aktivitas masyarakat, baik itu kehidupan sosial, ekonomi, maupun budaya. Bahkan saat ini peranan sungai telah berkaitan dengan kawasan wisata di Banjarmasin.

Daya tarik wisata sungai di Kalimantan Selatan adalah Pasar Terapung. Pasar Terapung merupakan warisan budaya masyarakat Banjar yang konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak zaman Kesultanan Banjar. Pasar Terapung ini berawal dari tradisi dan budaya masyarakat Banjar sendiri.

Salah satu pasar terapung yang masih bertahan hingga sekarang adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Lok Baintan telah dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Nasional oleh Pemerintah Pusat Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Untuk menuju Pasar Terapung Lok Baintan dari pusat kota dapat ditempuh dengan beberapa alternatif. Alternatif pertama yaitu menyusuri sungai Martapura menggunakan klotok dengan tarif sewa sekitar Rp. 200.000 sampai Rp. 250.000. Dengan klotok, perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung terbilang cepat karena hanya membutuhkan waktu 30 menit. Alternatif kedua dengan menggunakan kendaraan darat. Untuk alternatif kedua membutuhkan waktu lebih panjang yakni 1 jam untuk mencapai pasar terapung. Hal itu disebabkan medan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku. Namun, bagi pengunjung yang sudah menggunakan kendaraan darat ke Desa Lok Baintan dan ingin tetap merasakan menggunakan klotok untuk mencapai pasar terapung, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan klotok dari dermaga yang ada di sana dengan biaya sewa Rp..

Pasar Terapung Lok Baintan sudah berlangsung sejak abad 18 di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura. Di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura Lokbaintan terlihat konvoi jukung (perahu khas Banjar) menuju lokasi pasar terapung. Jukung-jukung tersebut adalah milik para pedagang yang akan memasarkan hasil kebun, pertanian, maupun makanan khas daerah setempat. Pedagangnya didominasi oleh perempuan dengan memakai tanggui (tutup kepala khas Banjar). Aktivitas perdagangan dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.30 WITA. Di pasar ini juga masih berlaku barter antar pedagang. Tak ada organisasi pedagang sehingga jumlah mereka yang berjualan tak terhitung. Mereka datang untuk berjualan, dan bubar dengan sendirinya ketika matahari pagi mulai terik. Pasar ini unik karena selain transaksi dilakukan di atas jukung, pedagang dan pembelinya juga tidak terpaku di suatu tempat, tetapi terus bergerak mengikuti arus sungai.

Terdapat Jembatan Gantung Lok Baintan yang bertempat tidak jauh dari dermaga Lok Baintan.  Pengunjung dapat melihat aktivitas para pedagang pasar terapung dari atas jembatan gantung ini. Jembatan Gantung Lok Baintan juga merupakan lokasi favorit para fotografer untuk mengabadikan kealamian Pasar Terapung Lok Baintan.


Fasilitas

LokBaintan


Penginapan

Pengunjung dapat memilih menginap di Banjarmasin atau daerah sekitar, ada beberapa penginapan atau hotel yang bersedia mencarikan perahu yang mengantar kekawasan Lokbaintan


Rumah Makan

Dibeberapa tempat di sepanjang sungai Martapura terdapat beberapa rumah makan yang menawarkan makanan khas Kalimantan Selatan, diantaranya soto dan lontong. Namun menikmati makanan di atas perahu kami rasa merupakan pengalaman yang takkalah menarik untuk dicoba


Kamar Mandi dan WC

Kamar mandi dan toilet tersedia di tempat umum seperti terminal atau dermaga serta tempat ibadah


Jasa Pemandu

Penduduk sekitar atau pengemudi perahu yang Anda sewa dapat mengantarkan Anda menelusuri sungai bersama para pedagang. Anda juga dapat meminta jasa pemandu di hotel tempat Anda menginap


Papan keterangan objek wisata

Jika Anda melihat terminal atau dermaga maka dengan mudah Anda akan tahu jika sudah sampai di lokasi pasar terapung


Fasilitas Kesehatan

Terdapat pusat kesehatan masyarakat di dekat pasar terapung


Tempat ibadah

Tempat ibadah tersedia bagi Muslim, bagi agama lainnya dapat memilih beribadah di kota terdekat


Tempat Parkir

Tersedia beberapaspot parkir yang diperuntukkan bagi mobil atau sepeda motor


Panorama di Lok Baintan


Temukan keindahan

Video Lok Baintan


Pasar terapung yang merupakan budaya yang menarik dimana perdagangan menjadi sesuatu yang dilakukan dengan cara yang berbeda. Buah-buahan, makanan dan barang-barang yang dijual di sini juga merupakan solusi bagi Anda yang ingin merasakan kue dan buah dari Kalimantan Selatan