Home » Berita»PENDAHULUAN RDTR KAWASAN PERKOTAAN SIMPANG EMPAT

 

Login

Aplikasi

  • Database SD
  • eletter
  • eplanning
  • usulan
  • usulanskpd
  • Web GIS

Tautan

  • DEPDAGRI
  • DIRJEN BANGDA
  • BAPPEPROV
  • BAPPENAS

Tentang Kami

Bappeda Kabupaten Banjar
Jl. P. Hidayatullah No.3 Martapura
Telp. 0511. 4721504
Fax. 0511. 4721453

PENDAHULUAN RDTR KAWASAN PERKOTAAN SIMPANG EMPAT

Martapura, Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/kota yang selanjutnya disingkat RDTR adalah rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah kabupaten/kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi kabupaten/kota. RDTR disusun untuk bagian dari wilayah kabupaten/kota yang merupakan kawasan perkotaan dan/atau kawasan strategis kabupaten atau kawasan strategis kota.Secara substansi RDTR memuat yaitu antara lain tujuan penataan ruang bagian wilayah perencanaan, rencana pola ruang, rencana jaringan prasarana, penetapan sub bagian wilayah perencanaan  yang diprioritaskan penanganannya, ketentuan pemanfaatan ruang dan peraturan zonasi.

Pada tahun 2013, Bidang Fisik dan Prasarana BAPPEDA telah menyusun RDTR Kawasan Perkotaan Martapura, Gambut, Kertak Hanyar dan Sungai Tabuk. Di Tahun 2014 ini, Bidang Fisik dan Prasarana BAPPEDA Kabupaten Banjar bekerjasama dengan konsultan perencana PT. Duta Citra Design Consult mengadakan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Simpang Empat yang bertempat di aula lantai III BAPPEDA Kabupaten Banjar. Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Simpang Empat disesuaikan dengan RTRW Kabupaten Banjar. Dalam RTRW Kabupaten Banjar, Perkotaan Simpang Empat memiliki fungsi sebagai :

  1. Pusat kegiatan pemerintahan dan administrasi kecamatan;
  2. Pusat kegiatan perdagangan dan jasa skala lokal;
  3. Pusat kegiatan wisata religius;
  4. Pusat kegiatan industri berbasis pertanian; dan
  5. Pusat kegiatan pelayanan fasilitas umum dan sosial skala lokal.

Hasil Pertemuan :

  1. Rencana kerja diterima dengan syarat mengkaji RPJPD dan RTRW Kabupaten Banjar,
  2. Reverensi yang jelas dalam penyusunan laporan pendahuluan,
  3. Mengkoordinasikan hasil teori, lapangan dan aspirasi masyarakat untuk menghasilkan data yang baik,
  4. Diharapkan jadwal pelaksanaan kegiatan bisa selesai sesuai dengan perencanaan.

Pada acara ini dihadiri oleh Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar, Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banjar, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Banjar, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Badan Pertanahan Nasional, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar. (ADB/FP)

Tags: , , , ,

Formulir Surat Warga